Perlu 
anda ketahui bahwa Google selalu berusaha memberikan informasi yang 
paling update kepada penggunanya. Jadi anda perlu mempertimbangkan untuk
 melakukan update konten yang tepat; agar Google menyukai website anda.
Update konten itu tidak selalu berupa pembuatan konten baru. Terkadang 
mengedit konten lama juga bisa menjadi update konten fresh yang lebih 
baik. Tapi anda perlu memperhatikan dengan baik apakah website anda 
memang lebih tepat dioptimasi SEO sebagai fresh content atau evergreen 
content.
Jadi artikel ini dibuat untuk sharing kepada teman-teman, tentang 
bagaimana cara google melihat kesegaran atau fresh dari konten anda.... 
Ada beberapa hal di artikel ini yang tidak diketahui bahkan oleh mereka 
yang sudah lama mengenal SEO apalagi untuk teman-teman yang baru belajar SEO.
KRITERIA UPDATE FRESH CONTENT GOOGLE
Dengan Melihat Tanggal
Jikalau anda melakukan pencarian di Google anda akan sering melihat 
bahwa ada artikel yang memakai tanggal dan ada yang tidak. Artikel yang 
memakai tanggal ini digunakan untuk mendapatkan keuntungan dari 
algoritma cafeine di dalam algoritma Google. Tanggal ini akan memberikan
 efek fresh pada awalnya tetapi semakin lama efeknya adalah konten anda 
dianggap "basi".
Biasanya website berita yang memakai tanggal agar artikel terbaru mereka
 bisa mendapatkan boost dari Google untuk berita terbaru mereka. Tapi 
ada juga konten yang mana Google lebih menyukai konten-konten yang cukup
 berumur. Jadi kenali tipe dari konten anda
Dengan Melihat Perubahan Isi Konten
Walaupun halaman web anda sudah lama; namun Google bisa melihat bahwa 
ada perubahan pada isi konten jika anda melakukan pengeditan. Untuk 
halaman tua yang anda edit, Google akan memberikan poin fresh yang baru.
 Namun seberapa besar poin itu akan sangat tergantung pada besarnya 
jumlah kalimat yang anda edit.
Jika anda hanya mengedit satu atau dua paragraf, maka konten tidak akan 
mendapatkan poin tambahan yang besar. Tetapi jika anda mengedit dalam 
porsi yang cukup besar, maka itu akan mendapatkan poin fresh yang cukup 
besar.
Elemen Yang Berubah
Google mengenali elemen yang berubah dari suatu halaman web. Jika yang 
berubah adalah elemen yang sangat penting, maka itu akan membawa 
perubahan poin yang cukup besar. Tapi jika yang berubah adalah elemen 
yang kurang penting, maka nyaris tidak ada pengaruhnya.
Jadi kalau perubahan terjadi pada title atau body text (isi artikel) 
maka itu akan dihitung oleh Google sebagai update konten yang sangat 
berpengaruh. Namun jika perubahan hanya terjadi pada javascript, atau 
navigasi, atau komentar, maka itu tidak akan berpengaruh banyak (kecuali
 komentar ini perubahannya dalam skala sangat besar)
Seberapa Sering Suatu Halaman Diedit
Google membedakan penilaian untuk suatu halaman yang sering diedit 
dengan suatu halaman yang jarang diedit atau berubah komposisinya. 
Biasanya halaman yang paling sering berubah adalah homepage dari sebuah 
website berita. Google memperlakukan dengan berbeda halaman-halaman 
seperti ini. 
Tingkat perayapan pada halaman seperti ini akan sangat tinggi sehingga 
setiap kali ada perubahan akan cepat terindeks di Google. Namun google 
membedakan antara bagian konten yang tetap dan bagian konten yang 
relatif sering berubah. 
Link-link pada bagian yang sering berubah akan dianggap kurang 
signifikan dibandingkan link-link yang selalu ada atau permanen pada 
halaman tersebut.
Pembuatan Halaman-Halaman Baru
Kasus-kasus ini terjadi pada blog di mana Google memberikan poin fresh 
pada blog atau website dengan halaman-halaman baru yang sangat sering 
bertambah. Beberapa orang mengatakan bahwa menambah 20% sampai 30% 
halaman baru setiap tahunnya akan baik untuk website ada.
Tapi menurut saya itu tergantung tipe dari website anda; kalau website 
anda adalah website berita, maka mungkin tepat; tapi kalau website anda 
bukan website berita, maka sebaiknya anda fokus membuat konten yang 
sangat berkualitas dan lengkap yang bisa anda update isinya secara 
berkala.
Bertambahnya Backlink
Google juga bisa merasakan masa-masa di mana website anda tidak 
mendapatkan pertambahan backlink dan masa-masa di mana terjadi 
pertambahan backlink. Masa-masa di mana terjadi pertambahan backlink 
sering diasosiasikan google sebagai masa di mana website anda sedang 
sesuai dengan trend yang terjadi di masyarakat. Jadi pada masa tersebut 
Google memberikan poin fresh tambahan kepada website anda.
Apakah itu berarti jika website anda sudah tidak menambah backlink lagi 
maka ranking akan jatuh? Tidak juga. Kalau ternyata pertambahan poinnya 
sangat besar, dan kehilangan poin fresh tidak membuat satupun pesaing 
website anda bisa menyaingi poin web anda, maka tetap saja rankingnya 
tidak akan bergeser.
Mendapatkan Link dari Website Yang Masih Baru
Jika website anda sudah cukup berumur, namun ternyata masih ada website 
baru yang memberikan rujukan kepada website anda maka rujukan ini akan 
menambah poin kesegaran untuk website anda yang sudah berumur tadi. 
Google menganggap komunitas internet masih menjadikan website anda 
sebagai rujukan pada topik tersebut, sehingga memberikan anda keuntungan
 untuk bisa ranking lebih baik di hasil pencarian.
Lama Waktu Kunjungan
Website yang sudah tidak relevan lagi atau sudah basi biasanya akan 
ditinggalkan oleh pengunjungnya dengan sangat cepat. Jadi jika sebuah 
halaman web anda mempunyai waktu time on site yang sangat rendah, maka 
Google menganggap website anda sudah tidak sesuai lagi dengan 
perkembangan dan menjadi kurang relevan.
Sebaliknya jika pengunjung anda menghasbiskan waktu yang cukup lama, 
maka itu akan menjadi indikator bahwa website anda masih cukup fresh dan
 relevan dengan kondisi saat ini.
Mengganti Anchor Text Akan Menghilangkan Poin
Dalam melakukan SEO ada banyak sekali orang yang berusaha membeli domain
 lama hanya karena domain lama itu sudah mempunyai backlink. Walaupun 
backlink tersebut sebenarnya tidak ada kaitannya dengan kata kunci yang 
ditargetkan.
Anggap saja anda membeli nama domain yang sebelumnya membahas masalah 
sepeda dan teks jangkar dari backlinknya penuh dengan sepeda. Tetapi 
anda menggunakan nama domain itu untuk membuat website untuk bisnis tas 
online anda. Yang pertama terjadi dari optimasi SEO seperti ini adalah 
Google akan menghilangkan poin relevansi dari kata kunci backlink lama.
Akibatnya website anda tidak akan mempunyai cukup poin untuk bersaing. 
Anda mungkin mempertimbangkan untuk menambah backlink dengan kata kunci 
yang lebih relevan dengan konten baru anda; dan ini akan membuat Google 
mengabaikan sepenuhnya semua backlink yang lama. Jadi pada dasarnya 
tidak ada gunanya membeli nama domain yang sudah ada backlinknya.
Konten Lama Kadang Lebih Baik
Selain berita, maka ada juga website untuk "how to" atau informasi 
penjelasan tentang suatu hal seperti yang ada di wikipedia. Untuk kueri 
pencarian yang seperti ini seringkali Google lebih memilih untuk 
menampilkan konten-konten yang sudah lama namun tetap memberikan sinyal 
time on site yang baik.
Jadi yang terbaik adalah berusaha membuat konten yang memang berkualitas
 dan bisa mempertahankan pengunjung anda; karena sinyal seperti ini juga
 bisa membantu anda memperbaiki peringkat dari website anda.
Kesimpulan
Anda harus melakukan update dengan tujuan untuk memberikan informasi 
yang terkini kepada pengunjung dan bukan sekedar untuk menambah-nambah 
jumlah halaman website anda saja. Setiap update konten yang anda lakukan
 akan mempengaruhi fresh point tapi sebaiknya anda tetap memperhatikan 
kualitas dari update anda.
Beberapa masukan untuk anda:
- Cobalah untuk menulis konten baru secara teratur/berjangka waktu tertentu.
 - Saat melakukan update selalu fokus pada inti informasi yang hendak disampaikan
 - Google kemungkinan akan mengabaikan perubahan yang kecil; jadi kalau anda mengubah suatu teks jangkar pada link, maka ada baiknya anda mengubah beberapa paragraf yang berada di sekitar link tersebut.
 - Pertambahan link yang stabil cenderung lebih disukai
 - Berusahalah untuk membuat pengunjung bertahan lebih lama di artikel atau halaman-halaman web anda.
 - Jangan mengubah topik bahasan di dalam suatu halaman; atau link yang lama akan kehilangan poinnya.
 
Bagikan
UPDATE KONTEN FRESH MEMPENGARUHI OPTIMASI WEBSITE ANDA
4/
5
Oleh 
Munawaroh

