Kata kunci bisa dikatakan sebagai nyawa dari optimasi SEO kita; karena
jika kata kunci ini salah pilih, atau salah penggunaan, maka optimasi
SEO kita bisa tidak menghasilkan apa-apa. Jadi di dalam artikel ini kita
akan membahas sekilas tentang cara-cara meletakkan kata kunci di dalam
halaman website anda.
Kata kunci adalah suatu kata yang paling mendominasi di halaman website
anda, sehingga mesin pencari dengan mudah menyimpulkan bahwa halaman
website anda sedang membicarakan topik tertentu.
Jika berbicara masalah mendominasi maka biasanya itu berbicara masalah
seberapa banyak pengulangan dari kata kunci di dalam suatu halaman. Dari
pengalaman saya biasanya kata kunci yang dimiliki oleh ranking 1 pada
suatu pencarian ada di kisaran 1,5% sampai 4%; jadi tidak ada suatu
nilai tertentu yang dianggap paling baik.
Hanya saja beberapa praktisi SEO merekomendasikan 2,5% sebagai nilai
yang optimal dari suatu kepadatan kata kunci. Jadi anda bisa melakukan riset kata kunci dengan mengubah-ubah kepadatan kata kunci untuk melihat mana kepadatan yang paling memberi efek positif.
Tapi ada 3 hal yang harus anda perhatikan saat anda menyebar kata kunci untuk membuat website anda; yaitu:
- Prominence (Kepentingan)
- Density (Kepadatan)
- Proximity (Kedekatan)
Keyword Prominence (Kepentingan Kata Kunci)
Ini seharusnya yang menjadi pelajaran awal bagi mereka yang baru belajar SEO;
tentang bagaimana menyebarkan kata kunci. Di elemen mana sajakah kata
kunci itu harus diletakkan agar Google menyadari kata kunci tersebut
sangat penting.
Ada beberapa elemen yang sangat penting; yaitu:
- Title tag
- Meta Description
- URL
- Heading H1
- Paragraf Awal dan Paragraf Akhir
Selain 5 elemen di atas; sangat direkomendasikan untuk masih mempunyai
beberapa pemunculan kata kunci pada heading h2 dan sidebar ataupun
footer.
Jika kata kunci anda mempunyai keyword prominence yang sangat tinggi
alias muncul di semua elemen-elemen yang ada di atas, maka akan sangat
sulit untuk Google atau mesin pencari lainnya salah menilai target kata
kunci dari halaman web anda.
Keyword Density (Kepadatan Kata Kunci)
Sudah bukan rahasia lagi kalau masalah kepadatan kata kunci ini masih
sering dibahas di forum-forum SEO, tentang seberapa besar pengaruhnya
dan bagaimana pelaksanaannya. Saya tidak akan membahasnya lagi di sini
karena sudah ada artikel tentang kepadatan kata kunci yang lainnya. Jadi
anda bisa membacanya di halaman Kepadatan Kata Kunci Adalah Faktor SEO
Keyword Proximity (Kedekatan Kata Kunci)
Bagi anda yang melakukan optimasi SEO pasti sudah paham bahwa pengguna
mesin pencari itu kerap kali memasukkan kata kunci yang urutannya acak
dan tidak sesuai dengan kata kunci yang ada di dalam halaman web anda.
Misalnya pengguna Google mengetikkan "Dokter Spesialis Mata Jakarta"; sedangkan di artikel anda kalimat yang tertulis adalah "Dokter Budi adalah spesialis mata terbaik di kota jakarta".
Walaupun di artikel anda tidak ada sama sekali kata DOKTER SPESIALIS
MATA JAKARTA; namun website anda masih punya peluang untuk bersaing
berdasarkan proximity ini.
Sebagaimana dituliskan dalam contoh konten artikel di atas; antara kata
SPESIALIS dan MATA itu sudah sangat sempurna karena tidak ada kata-kata
apapun yang membatasi keduanya. Tetapi antara kata DOKTER dan SPESIALIS
masih ada 2 kata yang membatasi yaitu BUDI ADALAH. Dan antara kata MATA
dan JAKARTA ada 3 kata yang membatasi, yaitu TERBAIK DI KOTA.
Semakin kecil proximity ini, maka itu akan semakin baik untuk SEO anda.
Jadi tentunya kata kunci yang paling diharapkan adalah munculnya
frasa-frasa yang exact match dalam jumlah pengulangan yang cukup
signifikan. Hanya saja perlu diingat; bahwa jangan semuanya exact match;
berikan beberapa pemunculan kata kunci dalam urutan yang bervariasi.
======
Jadi saat anda menyebarkan kata kunci anda di dalam suatu halaman web;
harap memperhatikan 3 perkara di atas. Prominence; Density; dan
Proximity dari suatu kata kunci sangat mempengaruhi penilaian Google.Wassalam.
Bagikan
Optimasi Kata Kunci Di Halaman Website Anda
4/
5
Oleh
Munawaroh