Kata kunci bisa dikatakan sebagai nyawa dari optimasi SEO kita; karena 
jika kata kunci ini salah pilih, atau salah penggunaan, maka optimasi 
SEO kita bisa tidak menghasilkan apa-apa. Jadi di dalam artikel ini kita
 akan membahas sekilas tentang cara-cara meletakkan kata kunci di dalam 
halaman website anda.
Kata kunci adalah suatu kata yang paling mendominasi di halaman website 
anda, sehingga mesin pencari dengan mudah menyimpulkan bahwa halaman 
website anda sedang membicarakan topik tertentu.
Jika berbicara masalah mendominasi maka biasanya itu berbicara masalah 
seberapa banyak pengulangan dari kata kunci di dalam suatu halaman. Dari
 pengalaman saya biasanya kata kunci yang dimiliki oleh ranking 1 pada 
suatu pencarian ada di kisaran 1,5% sampai 4%; jadi tidak ada suatu 
nilai tertentu yang dianggap paling baik.
Hanya saja beberapa praktisi SEO merekomendasikan 2,5% sebagai nilai 
yang optimal dari suatu kepadatan kata kunci. Jadi anda bisa melakukan riset kata kunci dengan mengubah-ubah kepadatan kata kunci untuk melihat mana kepadatan yang paling memberi efek positif.
Tapi ada 3 hal yang harus anda perhatikan saat anda menyebar kata kunci untuk membuat website anda; yaitu:
- Prominence (Kepentingan)
 - Density (Kepadatan)
 - Proximity (Kedekatan)
 
Keyword Prominence (Kepentingan Kata Kunci)
Ini seharusnya yang menjadi pelajaran awal bagi mereka yang baru belajar SEO;
 tentang bagaimana menyebarkan kata kunci. Di elemen mana sajakah kata 
kunci itu harus diletakkan agar Google menyadari kata kunci tersebut 
sangat penting.
Ada beberapa elemen yang sangat penting; yaitu:
- Title tag
 - Meta Description
 - URL
 - Heading H1
 - Paragraf Awal dan Paragraf Akhir
 
Selain 5 elemen di atas; sangat direkomendasikan untuk masih mempunyai 
beberapa pemunculan kata kunci pada heading h2 dan sidebar ataupun 
footer.
Jika kata kunci anda mempunyai keyword prominence yang sangat tinggi 
alias muncul di semua elemen-elemen yang ada di atas, maka akan sangat 
sulit untuk Google atau mesin pencari lainnya salah menilai target kata 
kunci dari halaman web anda.
Keyword Density (Kepadatan Kata Kunci)
Sudah bukan rahasia lagi kalau masalah kepadatan kata kunci ini masih 
sering dibahas di forum-forum SEO, tentang seberapa besar pengaruhnya 
dan bagaimana pelaksanaannya. Saya tidak akan membahasnya lagi di sini 
karena sudah ada artikel tentang kepadatan kata kunci yang lainnya. Jadi
 anda bisa membacanya di halaman Kepadatan Kata Kunci Adalah Faktor SEO
Keyword Proximity (Kedekatan Kata Kunci)
Bagi anda yang melakukan optimasi SEO pasti sudah paham bahwa pengguna 
mesin pencari itu kerap kali memasukkan kata kunci yang urutannya acak 
dan tidak sesuai dengan kata kunci yang ada di dalam halaman web anda.
Misalnya pengguna Google mengetikkan "Dokter Spesialis Mata Jakarta"; sedangkan di artikel anda kalimat yang tertulis adalah "Dokter Budi adalah spesialis mata terbaik di kota jakarta".
 Walaupun di artikel anda tidak ada sama sekali kata DOKTER SPESIALIS 
MATA JAKARTA; namun website anda masih punya peluang untuk bersaing 
berdasarkan proximity ini.
Sebagaimana dituliskan dalam contoh konten artikel di atas; antara kata 
SPESIALIS dan MATA itu sudah sangat sempurna karena tidak ada kata-kata 
apapun yang membatasi keduanya. Tetapi antara kata DOKTER dan SPESIALIS 
masih ada 2 kata yang membatasi yaitu BUDI ADALAH. Dan antara kata MATA 
dan JAKARTA ada 3 kata yang membatasi, yaitu TERBAIK DI KOTA.
Semakin kecil proximity ini, maka itu akan semakin baik untuk SEO anda. 
Jadi tentunya kata kunci yang paling diharapkan adalah munculnya 
frasa-frasa yang exact match dalam jumlah pengulangan yang cukup 
signifikan. Hanya saja perlu diingat; bahwa jangan semuanya exact match;
 berikan beberapa pemunculan kata kunci dalam urutan yang bervariasi.
======
Jadi saat anda menyebarkan kata kunci anda di dalam suatu halaman web; 
harap memperhatikan 3 perkara di atas. Prominence; Density; dan 
Proximity dari suatu kata kunci sangat mempengaruhi penilaian Google.Wassalam.
Bagikan
Optimasi Kata Kunci Di Halaman Website Anda
4/
5
Oleh 
Munawaroh

