Memilih Niche Yang Tepat Untuk Blog Anda

Apa itu niche? Kenapa harus memilih niche yang tepat untuk
 blog anda? Mungkin ini yang ada di kepala teman-teman saat membaca 
judul di atas. Bahasa sederhana dari niche adalah "pasar tertentu". 
Jadi  saat membuat blog, .... pasar manakah yang menjadi target anda?
Saya punya sedikit cerita buat teman-teman di sini. Saat saya belajar cara membuat blog saya membuat blog ini dengan tujuan menjadi dummy blog untuk ujicoba berbagai trik SEO yang ada di luar sana. Saya melakukan ini karena ada begitu banyak teori di luar sana dan tidak semuanya bekerja dengan baik....
Tanpa disengaja, ternyata blog ini terus berkembang .... dan membuat 
banyak orang ingin meniru konsep yang ada di trikmudahseo ini. Sayangnya
 mereka tidak tahu bahwa trikmudahseo berada di niche yang bisa 
dikatakan "tidak menyenangkan"....
Kenapa tidak menyenangkan? Perlu anda ketahui bahwa ini adalah niche 
yang pencarinya sebenarnya medium saja. Mau sebaik apa posisi kita di 
Google tetap saja pasarnya bukanlah pasar yang besar. Kalau mau membuat 
blog yang ramai, maka buatlah yang ramai pasarnya....entah itu teknologi
 gadget, atau game, atau ............ sex.
Di segmentasi tutorial SEO ini banyak sekali artikel pendukung yang 
harus dibuat untuk melengkapi pengajarannya, padahal artikel itu sendiri
 pencarinya bisa dikatakan sangat sedikit..... Dan yang terburuk adalah 
semua pesaingnya adalah peminat SEO.... 
Lengkaplah sudah. Ini seperti menonton film Bourne di mana para pembunuh bayaran kelas tinggi saling incar....
Jadi sebelum memulai sesuatu yang belum tentu anda inginkan ada baiknya 
teman-teman membaca cara memilih niche yang mungkin bisa teman-teman 
jalankan dengan lebih "menyenangkan".
Cari tahu jumlah pencarian dari Niche blog yang anda akan pilih
Jadi anggaplah teman-teman sudah membuat daftar nichenya. Sekarang coba 
buat daftar kata kunci di setiap niche, dan ujilah kata kunci itu pada 
Google Keyword Planner....
Satu yang perlu teman-teman perhatikan bahwa Google Keyword planner ini 
berbeda dengan keyword tool, karena Keyword Planner tidak menyediakan 
opsi pencarian broad (melebar), dan phrase (frasa). Jadi yang ada 
hanyalah pencarian Exact (Tepat).
Apa yang dimaksud dengan pencarian yang tepat? Itu artinya kata kunci 
yang dimasukkan harus benar-benar sama dengan yang diketikkan 
pengunjung. Jadi buat saja ini menjadi mudah untuk anda....lakukan riset
 hanya dengan menggunakan short tail keyword. Kalau anda mencari long 
tail maka kebanyakan hasilnya adalah nihil....
Apa yang dimaksud dengan short tail keyword? Itu maksudnya kata kunci 
yang hanya terdiri dari `1-3 kata saja. Misalnya JUAL LAPTOP MURAH. Jadi
 masuklah "bersemedi" di dalam kamar anda untuk mengumpulkan sebanyak 
mungkin kata kunci pendek untuk niche yang anda bidik.
Hitung potensi pengunjung dari niche yang anda pilih
Buatlah beberapa kata kunci pendek dari niche tersebut dan gabungkan 
total pencarian bulanannya. Gunakan jumlah pencarian bulanan lokal jika 
target anda hanya di dalam wilayah Indonesia saja. Berapa jumlah total 
yang anda peroleh?
Kalikan jumlah tersebut dengan 50% lalu bagi 30 untuk mendapatkan 
potensi trafik harian anda di niche tersebut saat anda menjadi yang 
terbaik di niche tersebut. Kalau anda tidak suka dengan angka yang anda 
lihat, maka mungkin saatnya anda mencari niche yang lain.... dan katakan
 pada diri anda untung belum terlanjur buang-buang tenaga membuat 
blognya (^_^)
Btw, ada yang bertanya kenapa harus dikali 50%? Sederhana saja, karena 
tidak semua orang mengklik ranking 1 di Google. Menurut riset dari 
beberapa pengamat SEO di amerika sana, ranking 1 hanya mendapat sekitar 
50% klik saja dari total pencarian.
Cermati Persaingan Dari Niche Yang Anda Pilih
Tidak semua niche itu legit walaupun pencariannya banyak. Justru 
kebanyakan niche yang pencariannya banyak itu seperti mengunyah bata dan
 membuat gusi berdarah. Jadi setelah anda mengumpulkan kata kunci 
saatnya masuk ke medan tempur dan kenali siapa saja lawan anda.....
Kalau ada yang bilang cara mengetahui kompetisi anda adalah dengan 
melihat jumlah halaman dari hasil pencarian, maka itu adalah bohong 
besar. Satu-satunya cara mengetahui persaingan kata kunci adalah 
mengenali siapa lawan anda di halaman pertama.... Yang ada di halaman 
kedua dan seterusnya tidaklah penting sama sekali. 
Bukalah Google; baik untuk .co.id maupun .com dan masukkan satu persatu 
kata kunci yang anda bidik dan lihat siapa saja lawan anda. Masukkan URL
 homepage-nya ke ahrefs.com dan lihat berapa jumlah backlinknya 
apakah lebih dari 5000, apakah backlinknya rata-rata dofollow, apakah 
variasi referensi domainnya lebih dari 200. Jika ya, maka bersiaplah 
untuk bekerja keras. 
Kenapa berkerja keras? Karena ahrefs.com itu jauh dari akurat. Jadi 
biasanya nilai realnya adalah 10-20 kali dari yang diperlihatkan oleh 
ahrefs.... Nah, sekarang bagaimana kalau ternyata hasilnya jauh lebih 
banyak dari itu..... lupakan bekerja keras, karena anda akan bertempur 
mati-matian untuk beberapa bulan ke depan.
Apakah niche blog yang anda pilih komersil?
Setelah anda tahu bahwa pencariannya banyak, dan juga anda tahu bisa 
mengalahkan mereka yang ada di halaman pertama. Maka pertanyaan 
selanjutnya, apakah anda bisa menghasilkan sesuatu dari blog itu? 
Misalnya; seberapa menguntungkan nilainya jika setelah blog itu populer 
anda memasang adsense. Atau berapa besar potensinya jika anda memasarkan
 suatu produk afiliasi yang sesuai dengan niche anda....
Untuk masalah yang satu ini tidak akan ada habisnya kalau dibahas di 
blog ini, jadi saya sarankan teman-teman berkeliling ke forum-forum 
pelaku internet marketing atau bisnis online untuk "menimba 
pengalaman".....
Setelah anda fix dengan semua yang ada di atas, silahkan mulai membuat blog anda sendiri di blogspot atau bisa juga anda mencoba membuat website sendiri dengan menggunakan CMS Wordpress.... Good Luck!
Bagikan
Memilih Niche Yang Tepat Untuk Blog Anda
4/
5
Oleh 
Munawaroh
